"> Melukis Gerabah Di Bale Seni Barli – Kezia School
Melukis Gerabah Di Bale Seni Barli

Menjelang akhir bulan Oktober, tepatnya pada tanggal 18 Oktober 2019, anak-anak Kezia School berkesempatan mengunjungi Bale Seni Barli di Kota Baru Parahyangan. Semua anak terlihat antusias menyambut kegiatan ini. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke tujuan, dalam waktu 30 menit, kami semua tiba di lokasi.

Sesampainya di sana, kami disambut petugas dari Bale Barli dengan sangat ramah. Kami langsung dibawa ke ruangan tempat melukis gerabah. Di ruangan tersebut sudah tertata meja beserta kursi dan juga kendi yang siap untuk dilukis. Pada kendi-kendi tersebut terdapat berbagai macam pola, baik pola sederhana maupun pola yang cukup kompleks seperti bunga matahari, bunga mawar, dan hewan-hewan laut. Melihat kendi-kendi beserta cat yang disediakan, mata anak-anak terlihat berbinar-binar seolah-olah mengatakan bahwa mereka ingin segera melukis kendi tersebut.

Pengajar dan petugas di sana langsung mengarahkan anak-anak untuk duduk sesuai dengan pola yang diingini. Setelah semua mendapatkan kendi beserta catnya, petugas dari Barli kemudian memberikan pengarahan mengenai cara melukis yang baik dan benar. Anak-anak dengan sabar mendengarkan penjelasan dari petugas Barli. Tidak lama setelah itu, anak langsung melakukan aktivitasnya.

Terlihat beberapa anak dapat dengan mandiri melukis kendi (gerabah) tersebut. Mereka memilih sendiri warna yang diinginkan kemudian mulai menggoreskan kuas ke kendi tersebut dengan sangat luwes. Anak-anak tersebut melakukannya dengan rapih. Sesekali pengajar memberikan arahan secara verbal agar hasil semakin lebih baik. Ada juga anak yang masih membutuhkan bantuan dari pengajar dalam melukis kendi (gerabah) tersebut. Walaupun demikian, anak-anak terlihat sangat kooperatif. Tidak ada satu anak pun yang mengeraskan badannya.

Setelah 1 jam berlalu, anak-anak pun berhasil menyelesaikan pekerjaan mereka. Hasilnya membuat anak-anak tersenyum gembira. Semua yang dibuat anak sangat indah sehingga kendi tersebut dijadikan souvenir ucapan terima kasih yang akan diberikan kepada orang tua masing-masing anak pada saat acara bermain angklung di Glorious Hall. Kegiatan di Barli ditutup dengan foto bersama. Terima kasih Bale Seni Barli yang sudah memberi kesempatan kepada kami untuk beraktivitas di sana….Tuhan Yesus memberkati.